Saturday 8 July 2017

Amazing Fried Duck and Sambal at Bebek Goreng H. Slamet

,,
At Bebek Goreng H. Slamet, you have a few different choices of deep fried duck (bebek goreng). If you're feeling really hungry you could order an entire fried duck, or you can just buy deep fried duck by the piece, and you have a choice of either the dark meat thigh or the breast. Since I couldn't make up my mind which one to choose I decided to get both of them, and I ordered the complete full plate set that included the deep fried duck plus rice, a plate of green herbs and vegetables, and last but not least an incredibly delicious sambal chili sauce.

The bebek goreng arrived to my table, and it was definitely pretty small, but it made up for its size by being packed with incredible flavor. I'm not sure exactly how the duck was prepared, but I'm guessing it was covered in a thin layer of flour or something like that before being deep-fried. It didn't have a real batter feel to it, but at the same time it did have an extra incredibly crispy skin and golden layer around the outside. And along with the deep fried bebek goreng, what was really mind blowing about my meal at Bebek Goreng H. Slamet, was the sambal chili sauce. It was an oil-based sambal, and it was just packed with red chilies and garlic. The chili sauce went so well together with the deep fried duck, rice, and then eating each bite with a fresh piece of lemon basil, was outstanding.

The bebek goreng at Bebek Goreng H. Slamet is undoubtedly very greasy, and it will leave you feeling like you just used to lip gloss, but there is no denying that the food is incredibly tasty. 

Bahan Bebek Goreng Empuk dan Gurih Ala H Slamet

  • 1 ekor bebek dan usahakan cari bebek yang masih muda lalu dipotong menjadi 4 bagian atau dipotong sesuai kebutuhan dan selera tentunya, dan jangan lupa dibersihkan ya agar bulu dan kotorannya hilang.
  • 1 buah jeruk nipis yang nanti diambil airnya, tujuan utamanya agar bau amis pada daging bebek hilang.
  • 5 lembar daun jeruk purut
  • 2 batang serai yang dimemarkan pada pangkal akarnya
  • 2 cm lengkuas juga dimemarkan
  • 1 bungkus penyedap rasa ayam (hanya bagi yang suka penyedap rasa)
  • 1 sendok teh gula pasir
  • minyak goreng secukupnya
Bumbu Bebek Goreng Empuk dan Gurih Ala H Slamet yang dihaluskan.
  • 7 butir bawang merah
  • 5 siung bawang putih
  • 5 cm lengkuas muda diparut
  • 3 butir kemiri
  • 3 sendok teh ketumbar disangrai dahulu sebelum dihaluskan
  • 3 cm kunyit
  • 3 cm jahe
  • 2 sendok teh garam
  • 1 batang serai diambil bagian putihnya lalu diiris halus
  • 1 sendok teh merica biji
Bahan bahan di atas sangat mudah didapatkan baik di pasar tradisional atau di pasar modern seperti supermarket, pasar segar dan sebagainya. Bila semuanya sudah ada dan peralatan dapur juga sudah siap mari kita membuat bebek goreng empuk ini.
  1. Satu ekor bebek yang sudah dipotong menjadi 4 bagian dan sudah dicuci bersih tadi dilumuri dengan air jeruk nipis diseluruh bagian dagingnya sambil diremas-remas sampai merata di seluruh bagian daging bebek tersebut, hal ini dimaksudkan untuk menghilangkan bau amis. Setelah air jeruk nipis merata pada daging bebek selanjutnya wadah ditutup rapat dan simpan sementara dalam lemari es selama 30 menit agar aroma jeruk meresap dalam daging. Setelah waktu yang ditentukan yaitu 30 menit baru daging bebek dibilas kembali dengan air bersih dan ditiriskan airnya.
  2. Haluskan bumbu-bumbu yang terdiri dari 7 butir bawang merah, 5 siung bawang putih, 5 cm lengkuas muda parut, 3 butir kemiri, 3 sendok teh ketumbar sangrai, 3 cm kunyit, 3 cm jahe, 2 sendok teh garam, 1 batang serai iris halus dan 1 sendok teh merica biji. Setelah halus lalu bumbu tersebut digoreng hingga harum dan masukkan  5 lembar daun jeruk purut, 2 cm lengkuas yang sudah dimemarkan, 1 bungkus penyedap rasa ayam dan 1 sendok teh gula pasir.
  3. Bila bumbu telah mengeluarkan aroma wangi masukkan potongan daging bebek dan diaduk agar bumbu meresap dan semua bagian daging bebek terbalur bumbu. Tuangi air secukupnya dan dimasak dengan menggunakan api sedang sampai airnya mendidih. Setelah mendidih kecilkan apinya dan biarkan daging bebek sampai empuk dan bila airnya berkurang dapat ditambahkan lagi sampai bebek benar-benar empuk. Jangan lupa untuk mencicipi bumbunya dan bila dirasa ada yang kurang misalnya kurang asin, kurang manis dan sebagainya bisa ditambahkan sesuai selera masing-masing.
  4. Setelah daging bebek empuk matikan kompornya dan biarkan selama 1 jam agar bumbu-bumbu meresap dalam daging. Sementara siapkan minyak panas yang banyak untuk menggoreng bebek yang telah didiamkan selama 1 jam tadi.
  5. Setelah minyak panas masukkan potongan bebek dan goreng hingga daging bebek kering baru kemudian diangkat dan ditiriskan. Bersama dengan sambal korek bebek goreng empuk dan gurih ala H Slamet sudah siap untuk disajikan.

Selain dengan sambal korek yang menjadi ciri khas pendamping bebek goreng empuk haji Slamet variasikan juga dengan irisan ketimun, kol, daun kemangi dan lain-lain agar lebih lengkap menikmatinya. Pada ukuran 1 ekor bebek bila dipotong menjadi 4 bagian maka dapat dihidangkan untuk 4 orang atau 4 porsi. Bagaimana tertarik untuk mencobanya ? selamat mencoba.

http://www.iniresepnya.com/2014/09/resep-bebek-goreng-empuk-dan-gurih-ala.html


Bahan bahan Resep Bebek Madura Bumbu Hitam Asli

  1. Sesuai namanya, bahan utama yang dibutuhkan adalah 1 ekor bebek yang baru saja dipotong ukuran sedang. Cuci bersih lalu potong daging bebek sesuai selera (kurang lebih sebanyak 8 ekor saja).
  2. Jeruk nipis yang diambil airnya kurang lebih sebanyak 1-2 buah saja. Peras airnya untuk menghilangkan bau khas bebeknya.
  3. Daun jeruk kurang lebih sebanyak 12-15 lembar saja. Cuci sebelum digunakan.
  4. Tomat segar ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 2 buah. Cuci bersih lalu iris iris.
  5. Batang serai kurang lebih sebanyak 2 batang saja.
  6. Gula merah atau gula jawa secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 2 sendok makan gula yang sudah disisir.
  7. Air asam jawa kurang lebih sebanyak 1-2 sendok makan saja.
  8. Garam dapur dan gula pasir secukupnya kalau diperlukan
  9. Minyak goreng baru secukupnya atau kurang lebih sebanyak 1/2 liter.

Bahan Bumbu Bebek Madura Asli

  1. Bawang putih kurang lebih sebanyak 4-5 siung saja. Kupas kulit bawang lalu potong supaya mudah saat akan diuleg.
  2. Bawang merah ukuran sedang besar kurang lebih sebanyak 10 siung saja. Kupas kulit bawangnya lalu potong supaya mudah saat akan diuleg.
  3. Kencur yang sudah dibersihkan kurang lebih sepanjang 3 cm saja.
  4. Batang kunyit yang sudah dikupas kurang lebih sepanjang 2-3cm saja.
  5. Kemiri kurang lebih sebanyak 5 pcs saja.
  6. Buah cabai rawit merah secukupnya sesuai selera atau kurang lebih sebanyak 15 sampai 22 pcs.

Cara Membuat Nasi Bebek Madura Yang Mudah, Enak dan Lezat

  1. Siapkan wadah yang bisa ditutup dan masukkan potongan daging bebek bersama dengan air jeruk nipis. Aduk aduk supaya rata air jeruknya ke semua bagian dagingnya.
  2. Masukkan kedalam lemari pendingin kurang lebih selama 30 menit supaya bau amis khas unggas ini hilang.
  3. Selanjutnya haluskan dan uleg semua bumbu bebek goreng maduranya sampai benar benar halus dan merata.
  4. Siapkan penggorengan dengan api sedang kecil dan tuangkan minyak secukupnya (kurang lebih 100ml).
  5. Masukkan bumbu bebek madura ke dalamnya dan aduk aduk sampai tercium bau harum khas tumisan.
  6. Tambahkan minyak lagi (kurang lebih 350 ml) dan aduk aduk sebentar.
  7. Masukkan daging bebek beserta daun jeruk, gula merah, asam jawa, daun serehnya dan kemudian aduk aduk dan masak dengan tutup (diungkep).
  8. Tambahkan sedikit air apabila daging bebeknya sudah mulai tidak terendam minyak dan masak lagi sampai benar benar empuk dan warnanya menghitam (kurang lebih selama 3.5-4 jam).
  9. Setelah dagingnya empuk, koreksi rasanya dan tambahkan garam dan gula pasir apabila diperlukan. Aduk aduk kembali sebentar.
  10. Matikan api dan angkat. Resep Masakan Bebek Goreng Madura siap dihidangkan.
Selesai sudah cara membuat nasi bebek madura bumbu hitam nya. Memang dibutuhkan waktu yang cukup lama untuk membuat resep bebek madura hitam ini. Tetapi hasilnya pasti bisa mengobati waktu kita untuk memasaknya tersebut. Kalau mau cepat, sebenarnya daging bebeknya bisa dipresto terlebih dahulu sebentar sampai agak empuk, baru dicampur dengan bumbu bebek hitam asli maduranya. Untuk ideresep masakan enak yang lain, silahkan mencoba Ayam Goreng Kalasan atau Resep Ayam Goreng Kremes Spesial Ala Ny Suharti.


EmoticonEmoticon

Blog Archive